Jangan Sampai Ketinggalan, Ada 8 Fitur layanan BPKB online. Apa Saja ?

Direktorat Lalu Lintas ( Ditlantas ) Polda Metro Jaya telah memberlakukan sistem BPKB online kepada masyarakat. Sistem layanan yang berbasis teknologi informasi ini bertujuan agar masyarakat semakin dipermudah dan meminimalisasi praktek budaya korupsi dan pungutan liar oleh oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab.

Adanya sistem digitalisasi yang baru ini Direktorat Lalu Lintas bekerja sama dengan beberapa pihak diantaranya adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil ), Agen Pemegang Merek ( APM ) serta Lembaga Pembiayaan. Kerjasama tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat perihal pengurusan BPKB agar semakin mudah dan juga cepat.

Layanan digital yang terintegrasi secara resmi ini sudah bisa diakses melalui situs http://bpkn.net yang berbasis HTML. Ada sekitar delapan fitur yang terdapat dalam situs tersebut guna menunjang program BPKB online antara lain E-queue, E-receipt, E-id, E-IKM, E-informasi, E-archive, E-complain dan E-blokir.

8 Fitur Layanan BPKB Online

  • E-queue atau nomor antrian secara elektronik adalah pemberian nomor antrean secara elektronik. Nomor antrean tersebut telah dilengkapi dengan chip RFID yang akan digunakan untuk melengkapi data formulir yang diminta. Permohonan BPKB online dilakukan dengan meletakkan ID Card pada RFID dan kemudian memasukkan kode pendaftaran bagi yang telah mandaftar secara online. Bagi pemohon baru bisa dilakukan dengan memasukkan nomor BPKB dan NIK.
  • E-receipt atau tanda terima elektronik adalah sistem tanda terima BPKB elektronik dengan cara pemohon memberikan tanda tangan secara digital menggunakan stilus pen dan selanjutnya akan tersimpan secara otomatis pada sistem. Dengan demikian diharapkan kepada pengguna untuk menyimpan atau mengingat id yang digunakan agar bisa melanjutkan proses pengurusan BPKB secara online lebih lanjut.
  • E-IKM atau Indeks Kepuasan Masyarakat adalah testimoni yang diberikan kepada masyarakat dengan cara mengumpulkan data informasi tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan BPKB online. Data testimoni dari masyarakat diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan juga menumbuhkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan sistem BPKB online.
  • E-informasi adalah sarana penyimpanan informasi tentang BPKB online dan informasi pelayanan BPKB.
  • E-archive atau arsip digital yaitu data dokumen pemohon BPKB terbaru yang diperoleh dari Agen Pemegang Merk.
  • E-complain atau keluhan pengguna adalah layanan untuk masyarakat apabila ingin menyampaikan keluhan mengenai sistem pelayanan BPKB online. Dengan demikian maka pihak penyelenggara akan terus memperbaiki kinerja sistem agar semakin layak untuk digunakan oleh masyarakat.
  • E-blokir atau pemblokiran adalah tindakan kepolisian untuk menandai data kendaraan bermotor yang telah diajukan oleh lembaga pembiayaan. Setelah bukti pemblokiran diverifikasi kemudian akan diserahkan kepada pemohon.

Program sistem BPKB terintegrasi atau BPKB online yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit saja. Setelah dokumen dikirim oleh APM ( Agen Pemegang Merek ) kepada sistem BPKB online, dokumen tersebut bisa ditampilkan di menu pendaftaran. Sehingga untuk membuat BPKB yang baru tidak membutuhkan waktu yang lama dan dokumen digital tersebut akan disimpan sebagai e-archieve di BPKB.

Beberapa kelebihan sistem BPKB online adalah mudah digunakan asalkan koneksi internet menunjang, prosesnya cepat karena telah dilakukan oleh sistem yang terintegrasi, biaya lebih murah karena tidak ada pungutan liar, informasi yang diberikan sangat jelas dan detail, serta mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan.

News Reporter