Sebelum Bergabung Ketahui Sejarah Affiliate Marketing

Sebelum Bergabung Ketahui Sejarah Affiliate Marketing

 

Sekarang semakin banyak marketer yang menawarkan bentuk kerja sama berupa afiliasi. Dengan bisnis afiliasi ini jika kita bergabung maka sistem pengupahan atau pembayaran jasa yang akan diterima berupa komisi atau persenan dari harga produk yang bisa kita jual.

Persaingan yang sengit membuat marketer bahkan berani menjanjikan komisi sebesar 10%. Bayangkan saja berapa komisi yang akan kita terima seandainya kita sebagai affiliator properti bisa menjual satu unit bangunan seharga Rp. 500 juta. Jika komisi sebesar 10% maka kita akan menerima fee sebesar Rp. 5 juta dalam sekali transaksi.

Tetapi meskipun komisi yang ditawarkan cukup besar nyatanya melakukan sistem afiliasi dalam bisnis tidaklah semudah membalik telapak tangan. Sebelum memutuskan untuk ikut bergabung menjadi seorang affiliator sebaiknya Anda mengetahui bagaimana awalnya sehingga ada bentuk bisnis afiliasi seperti saat ini.

Awal Mula Timbulnya Affiliate Marketing

Amazon.com

Bisa dibilang Amazon merupakan pioneer dari adanya sistem afiliasi di dalam pemasaran produk. Berawal dari obrolan sang pendiri Jeff Bezos dengan seorang wanita di sebuah coctail party. Wanita tersebut mengungkapkan bahwa dia ingin menjual bukunya yang berisi tentang perceraian dengan memanfaatkan website yang dia miliki.

Pada akhirnya Bezos memutuskan untuk membuat link atas web wanita tersebut yang ditautkan pada situs milik Amazon agar semua orang yang membuka laman Amazon bisa mengakses web wanita tersebut.

Commision Junction (1998)

Commision Junction pertama kali diluncurkan di tahun 1998 dan hingga sekarang merupakan salah satu bisnis bersistem afiliasi yang sukses. Kesuksesan dari jaringan Commision Junction ini membuat tumbuhnya satu afiliasi yang lain yaitu ClickBank dan membuktikan diri dengan kesuksesan bisnis tersebut hingga sekarang.

Evolusi Pada Sistem Affiliate Marketing (2013)

Pesatnya pertumbuhan jaringan bisnis afiliasi mendorong adanya sebuah peraturan baru. Pada tahun 2013 Amerika Serikat mengeluarkan regulasi atau peraturan baru dalam bisnis afiliasi yang disebut dengan Marketplace Fairness Act. Isi dari regulasi ini adalah kewajiban bagi para semua vendor nasional untuk melakukan pengumpulan pajak atas penjualan barang.

Sampai sekarang pemerintah dan para vendor atau pelaksana bisnis afiliasi masih tetap menggodok regulasi yang tepat dalam hal bisnis afiliasi tersebut. Tujuannya adalah agar bisa menemukan titik temu yang menguntungkan kedua belah pihak dalam hal pemungutan pajak atas bisnis online.

News Reporter