Gaji Kreator Anime tidak Sebesar dengan Tingkat Kepopuleran Anime

kreator-anime

Anime adalah salah satu jenis kartun yang diproduksi oleh negara jepang. Anime sekarang sudah dikenal dan sangat populer di dunia, bukan hanya anak-anak saja yang menyukai anime, tetapi orang dewasapun banyak yang menyukainya.

Anime dengan judul Dragon ball, Naruto, detective conan, anda pasti tahu lah anime tersebut, bisa saja anda juga penggemar beratnya. Dilihat dari hal tersebut sudah tidak diragukan lagi kalau anime sudah menjadi sangat populer dikalangan masyarakat dunia.

Namun apakah anda tahu bahwa ada kilu pilu seorang kreator anime dibalik kepopuleran anime tersebut. Kreator Anime di jepang tidak dibayang atau tidak digaji setimpal dengan kerja kerasnya tersebut.

Beberapa waktu yang lalu salah satu kreator anime Taiki Nishimura melalui akun twitternya mencurahkan isi hatinya tentang kisah pilu di dunia kreator anime. Dia sudah bekerja selama 20 tahun di bidang tersebut, dia mengaku banhwa rata-rata gajinya Cuma 100000 Yen/12 juta. Gaji terbesarnya saja Cuma 36 juta, itu sangat tidak sebanding dengan tingkat kepopuleran anime sekarang ini.

Anda tahu saja kehidupan dijepang seperti apa, disana serba mahal. Mungkin dengan 12 juta itu sudah besar untuk di Indonesia, akan tetapi tidak untuk jepang, itu pasti sangat kurang untuk mencukupi kehidupan sebulan disana.

News Reporter