Cara Mengunjungi Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu destinasi wisata kepulauan yang sangat populer di kalangan warga Ibu Kota dan sekitarnya. Pulau ini dikenal memiliki pemandangan alam yang indah dan fasilitas wisata yang lengkap.

Karena lokasinya yang terpisah dari Pulau Jawa, untuk bisa sampai ke pulau ini, wisatawan mau tidak mau harus menggunakan moda transportasi laut atau moda transportasi udara.

Nah, karena sampai saat ini Pulau Tidung masih belum memiliki bandara, maka pilihan alternatif moda transportasi yang paling masuk akal adalah moda transportasi laut. Pasalnya, walaupun bisa, moda transportasi udara cenderung akan memakan biaya yang sangat besar.

Moda transportasi laut menuju ke Pulau Tidung saat ini dapat digolongkan menjadi tiga kelompok, yaitu:

  1. Moda Transportasi Kapal Penumpang Biasa

Moda transportasi ini memiliki keunggulan berupa biaya yang murah dan jumlah perjalanan yang banyak dan dinamis.

Sayangnya, walaupun murah, moda transportasi ini cenderung memiliki fasilitas yang terbatas. Selain itu, lama waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke Pulau Tidung dengan menggunakan moda transportasi ini juga sangat lama, yaitu mencapai 3 jam perjalanan.

Hebatnya, sampai saat ini, moda transportasi kapal penumpang biasa ini masih menjadi moda transportasi terfavorit para wisatawan.

  1. Moda Transportasi Kapal Speedboat

Berbanding terbalik dengan moda transportasi yang sebelumnya, moda transportasi speedboad cenderung memiliki banderol tiket yang mahal dan fasilitas yang lengkap.

Waktu tempuh kapal ini ke Pulau Tidung juga relatif sangat cepat, yaitu kurang dari 1 jam perjalanan.

Biasanya moda transportasi ini digunakan oleh para wisatawan “elit” yang menggunakan layanan travel berharga mahal.

  1. Moda Transportasi Kapal KM Bahari Express

Bila dibandingkan dengan dua moda transportasi yang sebelumnya, moda transportasi ini berada di papan tengah.

Banderol tiket yang ditawarkan masih tergolong cukup terjangkau dan fasilitasnya pun juga cukup memadai.

Rata – rata waktu perjalanan menuju ke pulau tidung dengan menggunakan kapal KM Bahari Express adalah sekitar 1 jam perjalanan.

Sayangnya, sampai saat ini jumlah perjalanan KM Bahari Express menuju ke Pulau Tidung masih terbatas, sehingga untuk bisa menggunakannya, wisatawan harus mengikuti jadwal dari PT Pelni.

News Reporter