Cara Mengembangkan Bisnis Catering

Bisnis catering merupakan salah satu bisnis kuliner yang memiliki potensi yang sangat bagus. Bisnis catering memiliki kemudahan dalam skalabilitas atau pengembangan daripada bisnis kuliner yang lain seperti restoran maupun cafe karena tidak memerlukan tempat khusus untuk menjalankan bisnis catering. Untuk menjalankan bisnis catering, Anda perlu memperhatikan target market dan kualitas masakan. Namun tidak hanya itu, jika bisnis catering Anda sudah jalan maka Anda juga perlu memahami bagaimana cara mengembangkan bisnis catering hingga melayani ke pasar yang semakin luas lagi.

Berikut ini kami akan membahas bagaimana mengembangkan bisnis catering hingga mencapai pertumbuhan bisnis yang fantastis.

Tips mengembangkan bisnis catering

  1. Tentukan Target Pencapaian
    Kita tidak bisa bergerak ke suatu arah tanpa kita menentukan terlebih dahulu ke arah mana tujuan kita. Penentuan target pencapaian merupakan pondasi awal dalam sebuah perkembangan bisnis. Tentukan target pencapaian misalnya target omset atau target jumlah konsumen yang dilayani ataupun juga target jumlah pelanggan tetap dari bisnis catering Anda.
  2. Persiapkan Kapasitas Produksi
    Mempersiapkan produksi artinya Anda harus sudah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika bisnis catering Anda mendapatkan permintaan dalam jumlah yang sangat besar.Siap dalam arti siap melayani secara kuantitas dan sekaligus dengan kualitas rasa yang sama bermutunya. Jangan sampai jika ada permintaan dalam jumlah banyak merubah kualitas rasa dari produk Anda. Untuk itu Anda perlu mempersiapkan SOP yang detail, resep yang detail dan mudah dikerjakan siapapun. Anda juga perlu mempersiapkan untuk berinvestasi dalam mesin-mesin pengolah makanan berkapasitas besar. Untuk mesin mesin pengolah makanan Anda bisa berkonsultasi dengan toko mesin raya yang sudah berpengalaman bertahun-tahun dalam melayani penjualan mesin-mesin pengolah makanan dan mesin-mesin usaha.
  3. Persiapkan Sistem Informasi
    Jika Anda ingin bisnis catering Anda berkembang luas maka Anda juga wajib untuk mempersiapkan sistem ERP yang terintegrasi untuk memudahkan Anda mengelola semua sumberdaya yang ada di bisnis Anda. Dengan menggunakan software ERP maka Anda akan dengan mudah melakukan manajemen, pengawasan, perencanaan dan segala hal yang bahkan saling terkait dan terintegrasi satu-sama lain. Untuk membangun sistem ini sangat sulit jika dikerjakan sendiri, Anda perlu berkonsultasi dengan jasa konsultan IT untuk membantu Anda merealisasikan sistem informasi yang terpadu dan terintegrasi.
  4. Gunakan Internet Marketing
    Jika seluruh persiapan sudah matang dan sudah dikerjakan, saatnya Anda meningkatkan penjualan. Untuk saat ini, menggunakan internet marketing merupakan cara paling efisien, paling efektif dan paling powerful untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda dalam waktu singkat dan hasil yang yang sangat memuaskan. Anda bisa memulai dengan membangun website untuk memulai kampanye branding merk Anda sambil mengelola social media (saat ini kami sarankan Anda fokus ke instagram dan WhatsApp saja terlebih dahulu). Untuk website gunakan konten marketing yang berkualitas, silahkan berkonsultasi dengan jasa pembuatan website untuk mendapatkan website dan kampanye marketing dengan hasil yang berkualitas yang mampu mengembangkan bisnis catering Anda dengan cepat.
  5. Jual Produk Beku Olahan
    Setelah seluruh proses di atas direalisasikan, maka saatnya Anda perlu untuk memperkuat posisi Anda di pasar dengan menjual produk beku olahan. Dengan menjual produk beku olahan maka Anda juga sekaligus melakukan brand awareness di pasar, dan selain itu menjual produk beku olahan dengan merek Anda sendiri juga merupakan jalan untuk meningkatkan margin laba di bisnis catering Anda.

Nah itu tadi beberapa tips dalam mengembangkan usaha catering, semoga bermanfaat, semoga bisnis catering Anda berkembang pesat dan selamat beraktivitas. Salam..

News Reporter